Langsung ke konten utama

JENIS NUTRISI

Pengertian Nutrisi

Nutrisi adalah suatu subtansi organic yang ada dan di butuhkan oleh organisme yang memiliki manfaat menormalkan sistem tubuh, pertumbuhan tubuh dan juga sebagai pemeliharaan kesehatan. Penelitian di bidang nutrisi sendri mempelajari hubungan yang terjadi antara makan dan minuman akan kesehatan dan juga penyakit yang khususnya agar dapat menentukan diet yang optimal.
Pada masa lalu penelitian nutrisi terbatas hanya tentang pencegahan akan penyakit kurang gizi dan juga untuk dapat menentukan kebutuhan dasar dari makhluk hidup. Di dalam angka kebutuhan utnuk nutrisi dasar yang di kenal oleh dunia internasional di sebut dengan “Recommended Daily Allowance (RDA)”.
Seiring dengan perkembangan dari ilmu pengetahuan dan ilmu medis membuat fakta bahwa RDA belum bias mencukupi di dalam menjaga fungsi optimah yang di miliki tubuh dan juga mencegah atau juga membantu penanganan dari penyakit yang sudah kronis.

Fakta dari medis yang memperlihatkan akar dari banyaknya penyakit kronis adalah stress oksidasi yang itu semua di sebabkan oleh adanya kelebihan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Dengan memakai nutrisi di dalam tahap optimal atau Optimal Daily Allowance (ODA) dapat membuktikan mencegah dan dapat mengatasi stres oksidatif yang dapat membantu di dalam mencegah datangnya penyakit kronis.
Tahap optimal itu dapat tercapai di saat yang bersamaan dengan mengatasi efek samping dari pengobatan. Dan karenanya nutrisi sangatlah berhubungan baik dengan kesehatan yang tepat dan juga dalam meningkatnya kualitas hidup yang itu semua dapat di ukur dengan menggunakan metode antropometri.

Jenis Nutrisi

Ada dua jenis nutrisi yakni:

1. Mikronutrisi

Sesuai dengan namanya, mikronutrisi merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit dan hanya berfungsi untuk mendukung metabolisme tubuh. Terdapat tiga senyawa yang dapat dikategorikan sebagai nutrisi, yaitu vitamin, mineral dan air.

2. Makronutrisi

Sementara itu, makronutrisi merupakan kebalikan dari mikronutrisi. Nutrisi ini biasanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar karena sebagai sumber energi. Makronutrisi dapat diklasifikasikan menjadi tiga senyawa, yaitu karbohidrat, protein dan lemak.

Macam-macam Nutrisi

Ada beberapa macam nutrisi pada umumnya, berikut penjelasannya.

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama Anda dalam menjalani setiap aktivitas sehari-hari. Tubuh Anda akan menggunakan karbohidrat untuk memproduksi glukosa yang dapat segera digunakan atau menyimpannya sebagai cadangan energi. Jumlah glukosa yang diproduksi berlebihan akan disimpan oleh tubuh Anda sebagai lemak.
Terdapat dua jenis karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana dapat ditemui dalam gula, sedangkan karbohidrat kompleks terdapat pada pati maupun serat. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi nasi, jagung, gandum, ketela pohon, ubi, kentang, dan sagu sebagai sumber karbohidrat.

2. Protein

Protein sangat bermanfaat bagi tubuh Anda untuk membantu membangun serta memelihara jaringan otot serta saraf lainnya. Senyawa ini juga berfungsi untuk memproduksi hormon yang berguna bagi tubuh. Seperti halnya karbohidrat, kelebihan dari konsumsi protein akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak.
Menurut sumbernya, protein dapat dibedakan menjadi nabati dan hewani. Jenis protein nabati yang dapat dikonsumsi diantaranya adalah kacang-kacangan, padi-padian dan sayur mayur. Sementara itu, konsumsi protein hewani dapat Anda penuhi dari daging hewan. Namun, konsumsi protein dalam bentuk daging sebaiknya juga dilakukan secukupnya guna meminimalisir resiko terserang kolesterol.

3. Lemak

Jenis nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh Anda adalah lemak, baik jenuh maupun tidak jenuh. Lemak tidak jenuh merupakan jenis lemak yang paling aman untuk Anda konsumsi. Walaupun pada dasarnya lemak tak jenuh juga dapat berubah menjadi lemak jenuh apabila dilakukan proses penyempurnaan.
Makanan berlemak tak jenuh yang dapat dikonsumsi yaitu kelapa, kemiri, buah zaitun, kacang tanah dan buah alpukat. Kemudian, lemak jenuh yang dapat dikonsumsi misalnya daging, telur, susu, ikan, mentega dan minyak ikan. Akan tetapi konsumsi lemak jenuh dalam jumlah yang berlebihan sangat tidak disarankan karena berpotensi meningkatkan kadar kolesterol.

4. Vitamin

Tubuh Anda juga membutuhkan jenis nutrisi ini untuk membantu metabolisme tubuh, meningkatkan energi dan membantu kelancaran berpikir. Setiap vitamin yang Anda konsumsi tentu memiliki manfaat berbeda-beda bagi tubuh. Bahkan terdapat beberapa vitamin yang berkhasiat untuk meminimalisir resiko terserang penyakit tertentu.
Contohnya adalah kegunaan vitamin A, C dan E yang membantu mencegah penyakit arteri koroner, dimana ketiganya terus memperkuat dinding arteri. Selanjutnya, yaitu vitamin B1 yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan syaraf tubuh Anda. Vitamin B2 membantu menormalkan pertumbuhan sel. Vitamin B3 berfungsi sebagai detoksifikasi bagi tubuh Anda. Kemudian, vitamin D membantu penyerapan kalsium dan vitamin K dapat membekukan darah.
Loading...

5. Mineral dan trace elemen lainnya

Tubuh juga membutuhkan pasokan nutrisi yang berasal dari mineral dan trace elemen lainnya. Keduanya bermanfaat dalam membantu melancarkan kerja organ tubuh. Mineral klorin misalnya yang dapat membantu memproduksi cairan pencernaan tubuh Anda. Kemudian, fosfor dapat membuat tulang Anda lebih kuat.
Kedua mineral tersebut dapat Anda temukan pada makanan yang dikonsumsi, namun akibat trace elemen tubuh hanya membutuhkannya dalam jumlah sedikit. Nutrisi terakhir yang juga dibutuhkan oleh tubuh Anda yaitu garam. Namun, dalam mengkonsumsi nutrisi yang satu ini tidak boleh melebihi 2400 miligram per hari karena dapat meningkatkan tekanan darah.

6. Air

Keberadaan air sebagai salah satu nutrisi dalam tubuh jelas begitu penting. Air berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setalah melakukan rutinitas sehari-hari. Disamping itu, air juga dapat mengontrol jumlah kalori, memperlancar fungsi ginjal, meningkatkan energi hingga membuang racun.

Manfaat Nutrisi

Nutrisi sangatlah banyak manfaatnya bagi tubuh diantaranya adalah;

Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tahukah bahwa sakit yang sering kita alami seperti flu dan meriang yang terjadi di sebabkan karena kekebalan tubuh kita sedang menurun. Cara meningkatkannya kembali adalah dengan cara mengonsumsi asupan makan yang sehat dan dapat juga mengkonsumsi vitamin c yang dapat di hasilkan dari memakan sayuran dan juga buah buahan serta dapat juga dari suplemen kesehatan.

Membantu Mempertahankan Berat Badan

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat juga menjad berat badan sehingga dapat memberikan kebiasaan hidup yang baik. Dan apa bila hanya berfokus kepada nutrisi yang baik yaitu dengan cara mengkonsumsi sayuran, protein dan juga buah dengan tidak sadar kita menjaga tubuh dari penyakit dan membuat berat badan terkontrol. Ini semua dapat di lakukan dengan di sertai olah raga rutin pastinya.
Melindungi Tulang Dan Gigi
Tung dan juga gigi akan dapat tetap kuat meskipun umur kita sudah berusia 60 sampai 70 tahunan, ini terjadi apa bila kita memperhatikan nutrisi yang masuk dengan baik. Produk yang terkenal seperti susu yaitu keju dan yoghurt tinggi akan kalsum yang dapat membantu tulang dan juga gigi kita mejadi sehat dan kuat.

Energi dan Vitalitas Untuk Hidup

Di dalam kegiatan kita sehari- harinya pastinya mengalami banyak sekali masah, masalah yang ada dapat mengeluarkan energy yang besar. Akan tetapi semakin bertambahnya usia kita, energy yang ada akan semakin berkurang dan ada satu cara mempertahankannya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta di barengi dengan olah raga rutin sehingga pemenuhan energy dapat tercapai.

Memperlambat Penuaan

Ini yang sangat di nantikan oleh banyak orang, memperlambat penuaan dini. Banyak sekali orang yang ingin tampak lebih muda akan tetapi tidak mengatur pola makan dan nutrisi yang ada di dalam tubuhnya. Untuk dapat memperlambat penuaan dini sebenarnya simple yaitu dengan mengatur pola makan dan juga perbanyak olah raga rutin.

Berikut Ini Pengertian Serta Jenis Nutrisi Pada Makanan Dan Fungsinya :

1. KARBOHIDRAT

Karbohidrat adalah senyawa kimia yang tersusun atas karbon, oksigen, dan hidrogen. Karbohidrat merupakan bahan makanan penting untuk sumber tenaga. Selain sebagai sumber energy, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh, pembentuk struktur sel dan mengikat protein dan lemak.
Contoh Karbohidrat Dalam Kehidupan Sehari-HariKarbohidrat dapat diperoleh dari berbagai makanan seperti beras, kentang, jagung, singkong, gandum, selai, gula, madu, dan sirup. Jika kekurangan karbohidrat tubuh akan terasa lemah atau malas untuk melakukan berbagai aktivitas. Kekurangan karbohidrat juga mengakibatkan darah akan bersifat asam yang disebut asidosis.

Karbohidrat terdiri dari 2 bentuk : Simple dan Kompleks. 

  • Karbohidrat Simple

    Mudah dicerna oleh tubuh dan dapat langsung menjadi tenaga atau energy.Karbohidrat simple dapat ditemukan pada susu dan produk susu, buah – buahan, madu, sirup, selai, dan jelly.
  • Karbohidrat Kompleks

    Harus diolah menjadi karohidrat simple terlebih dahulu agar dapat diproses menjadi energy. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan di dalam roti, sereal, kentang, pasta, beras, dan biji – bijian lainnya.

2. PROTEIN

Protein berguna sebagai zat pembangun tubuh. Makanan berprotein berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, dan mengganti sel – sel tubuh yang rusak termasuk sel tulang, kulit, dan hormone.
Contoh Protein Dalam Kehidupan Sehari-HariManusia dapat memperoleh protein dari hewan dan tumbuhan. Protein yang berasal dari hewan dinamakan protein hewani. Protein yang berasal dari tumbuhan dinamakan protein nabati.
Bahan makanan dari hewan yang mengandung protein antara lain daging, ikan, unggas, keju, susu, dan telur. Bahan makanan dari tumbuhan yang mengandung protein antara lain kacang – kacangan terutama kedelai.

3. LEMAK

Lemak merupakan sumber tenaga selain karbohidrat. Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan. Jika persediaan karbohidrat habis di dalam tubuh, lemak digunakan sebagai penggantinya. Lemak adalah zat yang mengandung minyak dan melekat pada daging. Lemak menghasilkan energy sebanyak 9 kalori, dua kali lebih banyak daripada karbohidrat dan protein. Selain sebagai cadangan energy, lemak juga menyalurkan atau melarutkan vitamin A, D, E, dan K.
Contoh Macam-Macam Lemak Pada Makanan
Lemak dibagi menjadi 2, lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh berasal dari hewan, contohnya mentega, gajih, asam stearat. Asam stearate adalah lemak jenuh yang berasal dari hewan yang biasanya digunakan dalam pembuatan lilin, kosmetik, sabun, plastik, dan melunakkan karet. Lemak tak jenuh berasal dari tumbuhan dan berbentuk cair, seperti minyak kedelai, jagung, dan minyak kelapa.

4. VITAMIN

Vitamin adalah zat yang sangat penting bagu tubuh. Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh dari berbagai penyakit. Bila kita kekurangan Vitamin akan menderita Avitaminosis ( menyebabkan ganguan metabolisme tubuh). Jika kelebihan vitamin akan menyebabkan Hipertaminosis.
Fungsi vitamin juga menjaga metabolisme tubuh. Metabolisme adalah perputaran zat pada makluk hidup yang mencakup proses Fisika dan kimia (proses perputaran tubuh). Metabolisme merupakan sejumlah sel reaksi kimia yang mendorong aktivitas sel.
Contoh Macam Macam Vitamin Pada Buah
Ada 6 jenis Vitamin yaitu Vitamin A, B, C, D, E dan K. Vitamin dapat kita peroleh dari sayuran dan buah-buahan. Vitamin dibagi menjadi 2 macam yaitu Vitamin yang larut dalam air (Vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (Vitamin A,D,E, dan K). Vitamin yang larut dalam lemak( A,D, E dan K ) dapat di simpan dalan tubuh. Dan bisa berfungsi sebagai cadangan makanan.

5. MINERAL

Jenis Mineral Dalam Makanan Yang Diperlukan Tubuh Manusia
Mineral tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Mineral diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Fungsi mineral bagi tubuh adalah untuk melancarkan semua proses yang terjadi dalam tubuh. Beberapa macam mineral yang dibutuhkan tubuh diantaranya : kalsium, zat besi, posfor, yodium, dan Fluor.

6. SERAT

Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Sayur Dan BuahSerat makanan membantu penyerapan air di usus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air sehingga menjadi padat dan sulit di keluarkan dan mengakibatkan sembelit. Contoh makanan berserat sayur – sayuran dan buah – buahan.

7. AIR

Fungsi Manfaat Air Bagi Tubuh Makhluk Hidup
Air adalah zat yang memegang peranan penting. 75% dari tubuh manusia terdiri atas air. Orang dewasa membutuhkan kira – kira 2,5 liter air setiap hari. Di dalam tubuh air berfungsi untuk :
•    Membantu pencernaan makanan
•    Melarutkan zat – zat dalam tubuh, seperti vitamin b dan c
•    Mengatur suhu tubuh
Apabila kekurangan air tubuh akan lemas. Air juga dapat diperoleh dari bahan makanan seperti buah.
.
Selain memenuhi Nutrisi pada tubuh, hal yang tidak kalah penting adalah selalu jalani gaya hidup sehat serta rajin berolahraga akan membantu menjaga tubuh selalu fit. Kesehatan sangat berpengaruh dari kesadaran diri sendiri yaitu dengan menjaga tubuh untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang kurang baik untuk kesehatan.

SUMBER: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMANIS

  Zat Pemanis Zat pemanis berfungsi untuk menambah rasa manis pada makanan dan minuman. Jenis-jenis zat pemanis ada 2, yaitu pemanis alami dan pemanis buatan. Pemanis alami dapat berasal dari kelapa, tebu dan aren. Selain itu juga terdapat dari buah-buahan dan madu. Zat pemanis juga berfungsi sebagai penghasil energi. Namun, konsumsi yang berlebihan dapat menimbulkan kegemukan dan penyakit kencing manis (diabetes) karena pemanis alami mengandung kalori yang tinggi. Untuk itu, batasi penggunaan zat pemanis alami. Pemanis sintetis tidak dapat dicerna tubuh karena tidak menghasilkan energi. Contohnya ialah : sakarin, natrium siklamat, magnesium siklamat, kalsium siklamat, aspartam dan dulsin. Walaupun pemanis sintetis memiliki kelebihan dibandingkan pemanis alami, namun kita tidak boleh menggunakan secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Misalnya, penggunaan sakarin yang berlebihan dapat menimbulkan rasa pahit dan menyebabkab tumor pada syaraf kandung kemih. Di Indones

KEBUTUHAN ENERGI

3. Peta Konsep Pengertian Ilmu Gizi Makanan dan Zat-zat Makanan Air Zata Aditif Makanan Kebutuhan dan Keseimbangan Energi Menyusun Menu Makanan Seimbang Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia Gangguan Sistem Pencernaan Makanan Teknologi Sistem Pencernaan Makanan Sistem Pencernaan Makanan pada hewan Ruminansia 4.  A. PENGERTIAN DALAM ILMU GIZI Ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dan hubungannya dengan kesehatan optimal. • Nutrisi: Nutrisi atau gizi adalah zat dalam makanan yang dibutuhkan organisme untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan fungsinya. • Nutrisi esensial : Nutrisi yang tidak dapat disintesis oleh tubuh. • Pangan : Istilah umum untuk semua bahan yang dapat dijadikan makanan. • Statusgizi : Status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dengan masukan nutrisi. 5.  B.MAKANAN & ZAT-ZATMAKANAN Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dikonsumsi yang mengandung zat- zat yang diperlukan oleh tubuh d

PENGEMULSI

Emulsifier  atau zat pengemulsi adalah zat untuk membantu menjaga kestabilan  emulsi  minyak dan air. [1]  Umumnya  emulsifier  merupakan senyawa  organik  yang memiliki dua gugus, baik yang  polar  maupun  nonpolar  sehingga kedua zat tersebut dapat bercampur. [1]  Gugus nonpolar emulsifier akan mengikat  minyak  (partikel minyak dikelilingi) sedangkan air akan terikat kuat oleh gugus polar pengemulsi tersebut. [1]  Bagian polar kemudian akan terionisasi menjadi bermuatan negatif, hal ini menyebabkan minyak juga menjadi bermuatan negatif. [1]  Partikel minyak kemudian akan tolak-menolak sehingga dua zat yang pada awalnya tidak dapat larut tersebut kemudian menjadi stabil. [1] Salah satu contoh pengemulsi yaitu  sabun  yang merupakan garam  karboksilat . [2]   Molekul  sabun tersusun atas ekor  alkil  yang non-polar (akan mengelilingi molekul minyak) dan kepala karboksilat yang bersifat polar (mengikat air dengan kuat). [1]  Pada industri makanan, telur dikenal sebagai pengemulsi (e